Fenomena di Balik Boomingnya Game Flappy Bird

2/05/2014
Miqbal20Ketika tadi pagi saya membuka Facebook, entah kenapa mata saya langsung tertuju ke sebuah status yang isinya Flappy bird . lalu saya coba telusuri di Google, dan ternyata game ini cukup sederhana dan menarik, karena untuk memainkan game ini kita tidak memerlukan sebuah keterampilan khusus, kita hanya memerlukan sedikit kesabaran, ketelatenan dan keuletan untuk bisa memainkannya.

Fenomena Menarik di Balik game Flappy Bird

Nguyen Ha Dong, adalah seorang developer game dari Hanoi, Vietnam, yang menjalankan studio game indie .GEARS. Ia telah membuat game selama empat tahun. beliau menyatakan bahwa Flappy Bird mendapatkan 2-3 juta unduhan setiap hari di iOS dan Android.  Sungguh fantastis bukan angka pengguna yang mendownload nya.....???  

Pertanyaan saya sekarang, kenapa Game seperti Flappy bird bisa memiliki banyak sekali peminatnya, padahal menurut beberapa teman saya, game ini di nilai sangat sederhana dan kurang menarik...??? 
*mungkin karena mereka sudah frustasi, jadi bilangnya begitu.. :v

Karena saya masih penasaran, saya bergegas mendownloadnya di playstore untuk segera mencobanya... dan alhasil.... 
Njirr.... -__- bener-bener greget nih game, bener-bener susah dan bikin emosi, tapi tanggunglah gua harus ngumpulin banyak point di game ini.... 
flappy-bird-screeshot

itu kata yang terbenak dalam pikiran saya, dan sejak saat itu juga saya bener-bener merasa ketagihan main game flappy bird ini. Sebenarnya Cara bermainnya cukup mudah, dan tidak ada tantangan atau cerita lain.  Kita hanya perlu membuat si burung melewati pipa yang menjadi rintangannya.

Tetapi disinilah letak keseruannya, jika kita menekan layar Ponesl/android kita dengan timing yang tidak tepat, maka si burung akan terbang dan akhirnya menabrak pipa yang ada didepannya. Setelah itu, kita harus mengulang game ini dari awal .

Setelah beberapa lama saya memainkannya, saya bisa menyimpulkan alasan kenapa game ini mempunyai banyak peminat. ..

1.Sulit

Tentu saja, hal pertama yang akan kamu rasakan ketika bermain Flappy Bird ini adalah tingkat kesulitan dari game ini. Game ini benar-benar sangat sulit, saking sulitnya bisa membuat kita yang memainkannya menjadi  frustasi dan kesal. tetapi dengan cara inilah, Flappy Bird bisa menghukum para gamer. Kalau kamu memperhatikan review di App Store, pasti kamu akan melihat beberapa orang yang membencinya. Mungkin ini juga menjadi salah satu alasan di balik kesuksesan game ini. Beberapa orang suka menyiksa diri mereka sendiri, dan mereka senang untuk berbagi. Sulitnya permainan ini adalah rekayasa untuk membuatnya viral.

2. Menantang

Flappy Bird selalu membuat kita merasa harus bisa melakukannya lebih baik. karena dalam Flappy Bird, tidak ada yang namanya kepuasan.  Di setiap poin yang kita dapatkan, maka mereka akan memberitahu betapa buruknya permainan  kita.
  • “Oh, you got one points? You suck”
  • “Oh, you got 10 points? You suck”
  • “Oh, you got 100 points?! Wow! You still suck!”
Saat dimana Flappy menunjukkan poinnya, maka kita akan merasa gagal dan ingin segera memperbaikinya, inilah hal yang membuat saya sedikit ketagihan memainkan game ini. 

3. Sederhana

Flappy Bird sangatlah sederhana. Siapapun bisa memainkannya  karena cara  bermainnya yang sangat mudah untuk dipelajari, tetapi hampir mustahil untuk dikuasai.

4. Hanya menggunakan sedikit tombol

kalau di perhatikan, ketika sedang bermain Flappy Bird, hanya ada tiga tombol pada layar. Total, untuk seluruh game, ada StartScoreRatePauseTapOke, dan Share. Hanya tujuh tombol.

5. Gameplay nya membuat ketagihan

Salah satu hal yang benar-benar menarik lainnya dari Flappy Bird adalah game ini game yang sangat sulit tetapi gampang sekali matinya, jadi kalau kita mati, kita akan memainkannya lagi di level yang sama, dan kalau kita mati terus, maka kita akan memainkanya secara berulang-ulang di level yang sedang kita mainkan. hal ini akan membuat kita ketagihan dalam memainkannya  

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda